Skip to main content

12 Tempat Wisata Di Solo Terbaik Untuk Liburan Anda

Kota Solo merupakan salah satu daerah di nusantara yang menyimpan segudang keindahan alam dan kekayaan budaya. Solo juga dikenal sebagai kota Keraton, karena saking banyaknya tinggalan sejarah budaya keraton di dalamnya.


Tak hanya terkenal dengan kekayaan budaya dan keratonnya, Kota Solo juga memiliki destinasi wisata yang dapat memanjakan mata siapa pun yang mengunjunginya. Apa saja tempat wisata di Solo yang menarik? Berikut ulasannya.


Tempat Wisata Yang Bisa Dinikmati Di Kota Solo


1. Taman Balekambang


12 Tempat Wisata Di Solo Terbaik Untuk Liburan Anda
Wisata Taman Balekambang


Obyek wisata di Kota Solo yang pertama ialah Taman Balekambang. Wisata ini merupakan taman bersejarah yang di bangun langsung oleh Mangkunegoro VII di tahun 1921. Taman yang dikelilingi oleh pepohonan yang rindang ini membuat suasana menjadi sejuk dan nyaman. Tak hanya pepohonan, terdapat beberapa spot di Taman Balekambang yang bisa dijadikan latar belakang foto.


Taman Balekambang ini bisa anda nikmati khususnya di pukul 6 pagi hingga pukul 5 sore saja. Bila anda tertarik untuk menghilangkan penat di taman yang teduh ini, silahkan mengunjungi taman yang berlokasi di Jalan Balekambang, Manahan, Kecamatan Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah. Anda pun bisa berpiknik bersama keluarga dengan membawa serta makanan favorit yang bisa menemani waktu piknik.


2. Pasar Antik Triwindu


Tempat wisata ketiga yang wajib dikunjungi ialah Pasar Antik Triwindu. Pasar Antik ini terletak di Jalan Diponegoro Surakarta. Pasar Antik Triwindu menyimpan banyak sekali barang-barang antik yang akan menjadi sasaran empuk bagi seseorang yang menyukai barang lawas. Meski begitu, berkunjung ke tempat wisata di Solo ini membutuhkan kejelian dalam memilih barang antik, karena barang tersebut merupakan bekas pengguna pertama.


layaknya di pasar tradisional, anda dapat melakukan penawaran harga sebelum membeli. Barang-barang banyak ditemukan antara lain kain batik, uang lawas, lukisan kuno, wayang, koin, hingga onderdil jaman dulu. Bila anda tertarik untuk mengunjungi pasar ini, anda bisa menempuh perjalanan dari pusat Kota Solo menuju Desa Ngarsopuro, Jalan Diponegoro, Kecamatan Banjarsari.


3. Grojogan Sewu Tawangmangu


Wisata alam Grojogan Sewu Tawangmangu akan menyuguhkan pemandangan air terjun yang sangat menyegarkan. Dikelilingi tebing hijau yang menyejukkan mata, menjadikan tempat ini sangat cocok dikunjungi untuk menenangkan kejenuhan dan kelelahan. Hanya dengan 18 ribuan, sudah bisa memasuki wisata alam yang menyegarkan ini. Lokasinya pun tak jauh dari pusat kota Solo. Lokasi ini hanya  berjarak 37 km dari kota dan bisa ditempuh dengan motor atau mobil.


4. Taman Cerdas


Salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Kota Solo adalah Taman Cerdas.  Taman Cerdas ini tersebar di beberapa kelurahan di Kota Solo, salah satunya kelurahan Jebres. Wisata edukasi ini sangat unik dan bisa memberi pengetahuan bagi siapa saja yang mengunjunginya. Tempat wisata di Solo ini memiliki luas kurang lebih 2000 meter persegi ini memiliki banyak sekali wahana permainan yang akan disukai anak anak.


5. Kampung Batik Kauman


Destinasi wisata yang wajib anda kunjungi di Solo adalah Kampung Batik Kauman. Kampung ini terletak di pusat kota Solo. Kampung Batik Kauman merupakan tempat produksi kain batik berkualitas yang wajib dikunjungi. Apalagi jika anda adalah seorang yang menyukai berbagai hal tentang batik. Semua koleksi kain batik yang diproduksi di Kampung ini merupakan hasil manual atau dibuat dengan tangan sendiri.


Tak heran jika harga untuk satu baju batik di sini sangat fantastis. Kebanyakan pelanggan dari kampung wisata ini berasal dari luar negeri. Wisatawan tersebut sudah jatuh hati terhadap keindahan kain batik buatan Kampung Kauman ini. Apabila anda berminat untuk mengunjungi kampung batik ini, anda bisa menempuh rute dari pusat Kota Solo menuju ke Jalan Cakra, Kauman, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo, Jawa Tengah.


6. Bendung Karet Tirtonadi


Di dalam objek wisata  Bendungan ini ada beberapa spot yang bisa anda nikmati. Mulai dari jembatan tugu keris, wisata air, jembatan kaca, bangku-bangku. Tak hanya itu, tempat Wisata di Solo berupa Bendungan ini juga menyediakan area memancing tanpa dikenakan biaya sepeser pun alias gratis. Pastinya Bendung Karet Tirtonadi ini akan menjadi salah satu tujuan wisata yang mengasyikkan.


7. Istana Mangunegara


Anda pasti tahu bahwa Kota Solo sangat kental dengan warisan kebudayaannya, terlebih peninggalan keraton kerajaan. Istana yang ini memang banyak didatangi para wisatawan.  Beberapa area yang bisa anda kunjungi diantaranya Pendopo Ageng, Ndalem Ageng, Pracimoyoso, Putren atau Bale Warni, dan masih banyak lagi. Bangunan pada istana ini memiliki gaya khas Eropa. Inilah yang menjadi daya tarik istana Mangunegara.


8. Telaga Madirda


Salah satu destinasi wisata air di Solo ialah Telaga Madirda.  Telaga ini memiliki pemandangan bukit yang asri dan memesona. Wisata air ini terletak di daerah Candi Sukuh Kabupaten Karanganyar. Di tempat ini, anda bisa menikmati hari libur dengan pemandangan berhawa sejuk nan segar. Air dari telaga yang jernih dan tenang, akan membuat waktu liburan anda semakin berkesan.


9. De Tjolomadoe


Sebelumnya, tempat ini merupakan bekas pabrik gula yang sekarang digunakan sebagai objek wisata kekinian. Dengan bangunan yang bergaya Eropa menjadikan tempat wisata di Solo ini memiliki daya tarik sendiri bagi masyarakat. Bila anda tertarik mengunjungi wisata tersebut, anda hanya perlu merogoh kocek untuk biaya masuk sekitar 25 ribuan saja. Dengan harga yang sangat ekonomis, anda sudah bisa menikmati spot menarik yang ditawarkan De Tjolomadoe.


10. Air Terjun Jumog


Pemandangan yang masih asri dan alami, akan membuat anda takjub ketika mengunjungi air terjun Jumog ini. Di sana anda juga bisa memanfaatkan fasilitas seperti, Jungkat jungkit, gazebo, kolam buatan, ayunan, warung jajanan, toilet, dan masih banyak lainnya. Bila anda tertarik untuk mengunjungi wisata alam tersebut, anda hanya perlu membayar tiket masuk sekitar 5 ribuan saja.


11. Keraton Kasunan Surakarta


Salah satu keraton yang paling terkenal di Kota Solo yakni, Keraton Kasunan Surakarta. Keraton ini merupakan wisata bersejarah di Kota Solo yang menyimpan berbagai budaya kerajaan dan masih berjalan hingga sekarang. Bila berkunjung ke keraton Kasunan, ada beberapa peraturan yang harus anda taati. Semua peraturan tersebut berlaku bagi pengunjung maupun pengelola keraton Kasunan.


12. Pura Mangkunegaran


Objek Wisata di Kota Solo selanjutnya ialah Pura Mangkunegaran. Pura ini terletak di daerah Keprabon, Banjarsari, Surakarta. Tempat wisata di Solo ini memiliki arsitektur bangunan yang khas campuran. Tak hanya itu, anda juga dapat melihat berbagai koleksi benda seni yang dipajang di sudut ruangan. Tempat bersejarah ini berdiri sejak tahun 1757. Pura tersebut berlokasi  di Jalan Ronggowarsito, Surakarta.


Demikian beberapa rekomendasi destinasi wisata yang ada di Kota Solo. Keindahan alam dan keragaman budaya yang sangat menakjubkan wajib untuk anda kunjungi bila melintasi Kota Solo. Tentunya, masing masing destinasi wisata tersebut memiliki keindahan tersendiri yang akan membuat takjub bagi orang orang yang mengunjunginya. Jangan lupa pula untuk membawa serta kuliner dan oleh oleh khas Solo. Selamat liburan!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar