Skip to main content

Tempat Wisata Di Klaten Jawa Tengah Yang Menarik

Klaten merupakan salah satu daerah yang berada di Jawa Tengah. Kabupaten Klaten menyimpan banyak sekali destinasi wisata khususnya wisata sejarah dan wisata air. Tak hanya itu, di daerah ini banyak ditemukan beberapa situs candi peninggalan zaman dahulu. Lantas, apa saja hal menarik yang bisa ditemukan? Simak penjelasan tempat wisata di Klaten lebih lengkap di sini.


Daftar Destinasi Wisata Seru Di Kabupaten Klaten :


1. Objek Wisata Sejarah Candi Prambanan


Tempat Wisata Di Klaten Jawa Tengah Yang Menarik
Tempat Wisata Di Klaten Jawa Tengah Yang Menarik


Objek wisata sejarah ini memiliki arsitektur di luar nalar yang hingga kini tidak diketahui secara pasti bagaimana teknik pembangunannya. Objek wisata sejarah ini sudah dikenal di seluruh dunia, tak ayal banyak wisatawan asing yang mengunjungi Candi Prambanan ini. Waktu yang baik untuk mengunjungi wisata ini adalah din pagi dan sore hari, dimana matahari akan nampak di setiap sisi kompleks candi.

Candi Prambanan terletak di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Klaten dengan jarak kurang lebih 17 km timur laut dari arah Yogyakarta. Candi Prambanan diakui sebagai candi dengan bangunan termegah se Asia Tenggara. Tak hanya itu, objek wisata sejarah ini pun sudah masuk ke dalam situs Warisan Dunia UNESCO. Bila berkunjung ke Yogyakarta, tidak lengkap rasanya jika melewatkan kunjungan ke Candi Prambanan.


2. Wisata Air Umbul Ponggok


Salah satu wisata air yang ada di Klaten yakni Wisata Umbul Ponggok. Terletak di Desa Ponggok, Polanharjo, menjadikan wisata air ini diminati para pengunjung. Wisata ini sangatlah cocok bagi anda yang ingin belajar menyelam. Tempat wisata di Klaten ini memiliki luas sekitar 6.000 meter persegi dan kedalaman air 1 hingga 3 meter. Tertarik? Anda hanya perlu membayar tiket masuk 5 ribuan saja.


3. Wisata Mata Air Cokro Tulung


Satu lagi objek wisata air yang sayang untuk dilewatkan, yakni Obyek Mata Air Cokro Tulung. Di sana, anda bisa bermain air dengan menggunakan fasilitas ala waterboom. Wisata air yang terletak di Desa Cokro, Kec. Tulung ini selalu dibanjiri pengunjung di setiap akhir pekan. Apabila anda mengunjungi tempat tersebut, maka siap siap disuguhkan dengan jernihnya air dan teduhnya pepohonan yang memanjakan mata setiap pengunjungnya.


4. River Boarding Di Kali Pusur


Apakah anda salah satu pencinta river boarding? Di daerah Klaten, anda bisa menikmati wahana alami River Boarding. Untuk bisa sampai ke Kali Pusur, jarak yang harus ditempuh kurang lebih 10 km dengan melintasi beberapa desa di Kecamatan Tulung serta Polanharjo. Terkadang, arus sungai ini memiliki debit yang berbeda beda. Suatu waktu arus sungai akan deras, jeram, dan juga pelan. Selama bermain, anda bisa akan ditemani 2 orang operator.


5. Wisata Air Umbul Jolotundo


Satu lagi tempat wisata di Klaten untuk bermain air, yakni Umbul Jolotundo. Di sana, anda bisa menikmati kesegaran dan kejernihan air sembari ditemani ikan kecil. Umbul Jolotundo ini berlokasi di Kecamatan Jatinom, 10 km utara dari Kota Klaten. Konon, obyek wisata air ini dibangun oleh kolonial Belanda pada tahun 1924. Jika anda tertarik untuk berenang sambil ditemani ikan kecil, anda hanya perlu merogoh kocek untuk tiket masuk sekitar 3 ribuan saja.


6. Wisata Liburan Galuh Tirto Nirmolo


Salah satu tempat wisata favorit yang menjadi unggulan kawula muda di Klaten adalah Wahana Galuh Tirto Nirmolo. Tempat wisata yang sayang jika dilewatkan ini, terletak di Jalan Manisrenggo, Tlogo Prambanan, Jawa Tengah. Di sana, anda bisa menggunakan fasilitas berupa wahana air seperti kolam renang seluncur, kolam mandi bola, kolam renang laba laba, kolam arus, kolam air mancur, kolam renang Songsong gora, kolam kuda laut dan masih banyak lagi.

Tempat wisata tersebut juga menawarkan banyak sekali wahana yang bisa anda gunakan. Untuk dapat bermain di wahana ini, anda bisa datang setiap hari khususnya pada pukul 08.00 WIB hingga 17.30 WIB. Mengunjungi tempat wisata di Klaten tersebut, hanya perlu menyiapkan biaya tiket masuk sekitar 10 ribuan saja. Dengan harga yang sangat ekonomis, anda sudah bisa menikmati liburan menyenangkan di Wisata Galuh Tirto Nirmolo.


7. Wisata Sejarah Candi Merak


Berbeda dengan Candi Prambanan, objek wisata sejarah Candi Merak memang tidak dikenali banyak orang. Namun, wisata sejarah tersebut memiliki keindahan yang tak kalah dengan Candi Prambanan. Candi Merak Klaten berlokasi di Desa Karangnongko, Kec. Karangnongko, Klaten. Memiliki struktur bangunan yang cenderung kecil, candi yang satu ini memiliki keeksotisannya tersendiri.


8. Wisata Museum Gula Gondang Winangoen


Museum Gula Gondang Winangoen ini disebut sebut sebagai salah satu museum gula terbesar se Asia Tenggara. Hal yang menjadi daya tarik saat mengunjungi wisata ini adalah berbagai peralatan pabrik gula tempo dulu yang memiliki nilai sejarah kuat. Jika mengunjungi museum gula tersebut, anda akan ditawari beberapa fasilitas seperti, arena bermain, cafe, tempat foto bersejarah, alat komunikasi jadul, toilet dan masih banyak lagi.


9. Wisata Budaya Pengrajin Tanduk Kerbau Keprabon


Bila berkunjung ke Kota Klaten, jangan lupa untuk mampir ke desa pengrajin tanduk kerbau. Tempat wisata di Klaten tersebut berlokasi di Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. Di desa tersebut, anda tidak hanya bisa mengamati dan berbelanja cinderamata saja. Di sana, anda juga bisa mengamati proses pembuatan kerajinan secara langsung. Untuk bisa mengunjungi desa ini, anda tidak perlu membayar biaya tiket masuk, alias gratis.


10. Wisata Sejarah Candi Lumbung


Satu lagi obyek wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi yakni, Candi Lumbung. Sebenarnya, candi ini berada di satu kompleks Candi Prambanan. Namun, daya tarik yang ditawarkan Candi Lumbung ini adalah struktur bentuk dan bangunannya yang unik. Berbeda dengan Candi Prambanan, situs Lumbung ini lebih kecil dan memiliki bentuk seperti kubah di atasnya.


11. Taman Lampion


Tempat wisata yang menarik untuk dijadikan tempat hangout baik anak muda maupun keluarga ialah Taman Lampion Klaten. Obyek wisata ini sendiri menjadi salah satu ikon wisata baru yang dikunjungi banyak wisatawan. Bila anda tertarik menghabiskan waktu di taman ini, silahkan datang kapan saja. Mengingat tidak adanya tiket masuk dan jam operasional, menjadikan taman ini ramai dikunjungi.


12. Wisata Kuliner Apung Rowo Jombor


Sudah lelah mengitari dan berjalan jalan ke tempat wisata di Klaten? anda bisa mengunjungi Warung Apung Rowo Jombor. Di sana, anda bisa beristirahat sambil menikmati kuliner khas Jawa Tengah yang tentunya akan memanjakan lidah. Umumnya, warung tersebut menyajikan berbagai menu dengan bahan dasar ikan tawar. Bila anda tertarik, silahkan mengunjungi wisata kuliner yang berlokasi di Desa Jombor Krakitan Bayat Klaten.

Itulah beberapa daftar tempat wisata yang ada di Kabupaten Klaten. Semua destinasi wisata tersebut memiliki karakteristik dan keelokannya tersendiri. Maka, akan sangat disayangkan bila anda tidak mengunjungi salah satu objek wisata tersebut. Selain mengunjungi obyek wisata, anda juga bisa membawa serta oleh oleh khas Kabupaten Klaten yang bisa dibagikan ke seluruh kerabat atau keluarga.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar