Skip to main content

9 Wisata Kuliner di Sukoharjo yang Menggugah Selera

Sukoharjo merupakan salah satu kabupaten yang berada di Jawa Tengah yang terkenal dengan kekayaan wisata alamnya. Namun ternyata, Sukoharjo juga menyediakan beragam kuliner yang sangat lezat.

Ketika anda sedang berkunjung ke kota ini, tak ada salahnya untuk mencicipi beberapa sajian khas dari Sukoharjo. Berikut akan diulas beragam wisata kuliner di Sukoharjo yang wajib anda coba.

Beragam Sajian Kuliner di Kabupaten Sukoharjo


1. Tengkleng Pak Momo


Tengkleng Pak Momo ini merupakan sebuah warung makan yang menyediakan beraneka olahan masakan daging kambing. Warung tersebut berlokasi tak begitu jauh dari alun alun dan Kantor Bupati Sukoharjo. Menu yang tersedia di warung ini diantaranya seperti tengkleng, tongseng, sate, dan gulai kambing.

Berbeda dengan olahan kambing lainnya yang masih terdapat baunya, disini olahan dagingnya sangat lembut dan tak tercium bau prengus sama sekali. Warung ini sebenarnya berada dalam kawasan kampung tetapi selalu ramai akan pengunjung. Bahkan apabila anda kesiangan sedikit saja, dijamin pasti akan kehabisan.

Warung Pak Momo ini buka sejak pagi pada pukul 07.00, sementara jam tutupnya menyesuaikan stok kambing yang ada di warung. Jika anda tak ingin kehabisan sajian di wisata kuliner di Sukoharjo ini, silahkan datang pada pagi hari setelah warung dibuka.

2. Ayam Goreng Kampung Mbah Karto


9 Wisata Kuliner di Sukoharjo yang Menggugah Selera
Ayam Goreng Kampung Mbah Karto


Tembel Ayam goreng ini merupakan warung favorit Pak Jokowi ketika berkunjung ke Sukoharjo. Warung Ayam Goreng Mbah Karto Tembel telah berdiri sejak tahun 1969 dan masih eksis hingga sekarang.

Hal yang menjadi ciri khas pada warung ini ialah ayamnya yang gurih dan lezat dipadu dengan sambal bawang dan sambal blondo. Dan sambal blondo tersebutlah menjadi favorit banyak orang sejak dahulu kala. Tak hanya Pak Jokowi, warung ini juga pernah dikunjungi oleh Pak Susilo Bambang Yudhoyono. Karena olahan ayam gorengnya yang lezat, berhasil membuat orang orang hebat seperti mereka terpikat untuk mencicipinya.

Perpaduan bumbu serta rasa yang dihadirkan oleh ayam gorengnya, membuat wisata kuliner di Sukoharjo ini selalu ramai pengunjung tiap harinya. Bahkan banyak orang dari luar yang datang ke Sukoharjo demi mencicipi makanan satu ini.

3. Ayam Goreng Mbak Mulyani


Di Sukoharjo memang terkenal dengan olahan kuliner ayam goreng kampungnya. Setelah Mbah Karto, warung ayam goreng selanjutnya juga populer di Sukoharjo ialah Ayam Goreng Mbak Mulyani. Konon kabarnya Mbak Mulyani ini merupakan anak dari Mbah Karto Tembel yang membuka usaha sendiri.

Apabila di Mbah Karto terkenal dengan sambel blondonya yang lezat, di warung Mbak Mulyani ini anda akan disajikan dengan aneka lalapannya. Khas dari Ayam Goreng Mbak Mul ini ialah ayam goreng yang ditemani dengan sambal bawang pedas serta dilengkapi dengan trancam dan rebusan daun pepaya.

Warung ini juga sudah memiliki beberapa cabang yang berada di wilayah Sukoharjo kota, Tawangsari, dan Begajah. Semua cabang tersebut memiliki rasa yang sama nikmatnya dengan warung pusat. Dengan begitu akan membantu anda untuk bisa mencicipi kelezatan ayam goreng Mbak Mul ini.

4. Soto Carikan


Apabila anda bosan dengan berbagai olahan ayam goreng, maka anda bisa mencicipi hidangan wisata kuliner di Sukoharjo yang melegenda di Kota Sukoharjo ini. Hidangan Soto Carikan ini menggunakan suwiran ayam kampung yang wajib anda coba.

Memiliki kuah dengan rasa kaldu yang sangat kuat, dijamin akan membuat anda ketagihan ketika mencicipinya. Warung ini juga selalu ramai dikunjungi oleh para pembeli terutama pada waktu sarapan. Soto Carikan juga dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau, sehingga sangat cocok bagi anda yang menginginkan makanan berkuah dan murah.

Warung yang telah beroperasi selama kurang lebih 20 tahunan ini telah dianggap sebagai kuliner yang mewakili Sukoharjo. Oleh sebab itu hampir semua penduduk di Sukoharjo, sudah pernah mampir ke warung soto yang berada di Carikan ini.

5. Mie Ayam Kering, Warung Lumayan Bu Marni


Di Warung Lumayan ini menyediakan menu bakso dan juga mie ayam. Jika dilihat sepintas memang tak ada yang spesial dari menu makanannya.

Tetapi setelah mencoba mie ayam kering di warung ini dijamin anda akan ketagihan dan ingin kembali ke warung ini. Meski warungnya cukup kecil tetapi untuk pengunjungnya tak pernah sepi tiap hari. Warung ini buka mulai pukul 09.00 pagi dan selalu habis sebelum magrib.

6. Bakso Pak Bag


Siapa yang tak kenal dengan makanan bernama bakso, makanan ini telah populer di seluruh penjuru Indonesia. Di Sukoharjo juga terdapat warung andalan yang menjual bakso yaitu Warung Bakso Pak Bag.

Ciri khas yang terdapat pada warung satu ini ialah bakso urat dan bakso rusuknya, yang dihidangkan dengan kuah kaldu gurih. Sehingga menjadikan rasa bakso dari Pak Bag ini sulit sekali untuk ditolak. Tak hanya bakso, di warung Pak Bag ini juga disediakan menu mie ayam dan soto dengan rasa yang tak kalah lezatnya.

Anda bisa mencicipi makanan dari wisata kuliner di Sukoharjo ini mulai pukul 10.00 pagi hingga 20.00 malam. Namun biasanya akan tutup lebih awal jika stok makanannya sudah habis diserbu pelanggan. Tak heran jika banyak orang yang datang ke warung ini, karena baksonya yang sangat lezat yang berasal dari olahan daging segar.

7. Ayam Ayam Resto


Tempat kuliner enak di Kabupaten Sukoharjo selanjutnya ialah Ayam-Ayam Resto yang menyajikan beragam olahan ayam. Tak hanya ayam, Ayam Ayam Resto juga menyajikan beragam olahan lainnya yang dapat kalian pilih.

Anda juga bisa memilih berbagai paket seperti paket rapat, hajatan dan lainnya untuk kebutuhan acara anda. Tempatnya yang begitu luas dan nyaman, sangat cocok digunakan untuk bersantap bersama keluarga.

8. Serba Sambal dan Kopi Bin


Tempat kuliner satu ini merupakan salah satu tempat tongkrongan yang populer di Sukoharjo. Disini menyediakan beraneka ragam menu makanan dari ayam hingga ikan dan ditambah dengan banyaknya pilihan sambal. Dengan begitu anda bisa memilih olahan sambal yang sesuai dengan selera. Tak hanya aneka makanan berat, dalam satu tempat ini juga terdapat coffee shop yang bernama Kopi Bin yang menyediakan aneka minuman kopi.

9. Klopo Warung Steak


Warung steak dengan slogan “Tresno Jalaran Soko Kuliner” ini merupakan salah satu warung steak yang paling populer di Sukoharjo. Tempat kuliner ini sangat cocok bagi anda yang menyukai olahan steak.

Disini tak hanya steak ayam saja yang disediakan, tetapi juga ada steak cumi, udang dan tenderloin. Untuk harga yang dibanderol pada wisata kuliner di Sukoharjo ini juga sangat terjangkau. Dari beberapa rekomendasi tempat kuliner yang ada di Kabupaten Sukoharjo tersebut, mampu membuat anda tergugah untuk mencicipinya.

Selain beberapa wisata kuliner tersebut, masih banyak warung makan atau restoran lainnya yang menjual berbagai olahan kuliner khas dari Sukoharjo yang wajib anda coba. Semoga ulasan ini bisa membantu anda untuk menemukan masakan yang populer di Sukoharjo.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar